Click here to go to blog index
ARSITEKTUR POPULIS DALAM KONTEKS
2017-10-12 11:19:16

presenting populist

Latar belakang ,

Arsitektur sering disindir cenderung berfokus dan berpihak kepada sebagian masyarakat berpunya. Sebagian besar masyarakat membenarkan sindiran tersebut dan hal itu menjadi sindiran keras bagi para Arsitek dan para pelaku arsitektur lainnya. Seandainya sindiran tadi ada benarnya, maka tibalah saatnya bagi kita merenung dan bersama-sama dari berbagai disiplin membahas untuk menjawab tantangan ini.

 Arsitektur sejak awal keberadaannya memang sudah populis, yaitu memenuhi kebutuhan manusia akan teduhan dan hunian. Umat manusia, waktu itu memulai kehidupan menetap, tidak lagi nomaden, lahirlah Folk architecture dan kemudian Vernacular architecture. Dengan berkembangnya struktur masyarakat sesuai perkembangan peradaban, arsitektur sebagai penyedia sarana untuk kehidupan masyarakat juga ikut berkembang menyesuaikan.

Arsitektur untuk orang-kecil, arsitektur Populis, bukan hanya untuk orang miskin yang tak memiliki rumah yang layak saja (home-less, lower-lower class), tetapi juga untuk berbagai fasilitas umum bagi orang kebanyakan (ordinary people, upper-lower class). Berarti Arsitektur Populis dapat diterapkan baik  untuk arsitektur yang berada di kota maupun di desa.

ARSITEKTUR POPULIS DALAM KONTEKS, dipresentasikan sebagai Makalah Utama, Seminar Nasional “Arsitektur Populis, tantangan Indonesia masa kini”, Unika Soegijapranata, Semarang, 20 September 2017.
naskah lengkap, klik disini
Presentasi nya, klik disini

 

Keywords: Arsitektur populis, indonesia, mangunwijaya

Share :
     
A. RUDYANTO SOESILO

About me :

Foto Pidato Lustrum I UnikaPidato Dies Natalis XXIX, 5 Agustus 2011Presenting Unity in Diversity ConservationCertificate of the Best paper AwardPembicara utama Seminar Arsitektur PopulisWebinar pembukan Program Doktor Arsitektur Digital

 

  Facebook account

Untuk para pengagum kehidupan, pemikiran, seni, musik dan arsitektur yang berkarya, belajar, mengagumi, mencintai dan ingin menyemaikan nya.

 :

Dr.Ir.A.Rudyanto Soesilo MSA

Lecturer - Architect - Composer 

 :

 :

NB: bila anda membuka blog ini, beri koment n alamat email anda agar dapat berdiskusi, Nuwun